Gerhana di langit Jogja

Jadi, sekitaran jam dua siang tiba-tiba ustad Herdi sms aku intinya nawarin anak-anak ABATE buat melakukan pengamatan bulan di Alun-alun. Yaa, aku sama Ula langsung cus setuju gitu, secara siapa sih yang nggak mau ngambil kesempatan bisa keluar pas malam minggu? ke Alun-alun pula.
Jam setengah enam, aku, Ula, sama Hilma pergi ke sekolah. Ternyata oh ternyata, di sekolah ikhwannya banyak banget, yah nggak banyak-banyak amat sih tapi tetep aja terhitung banyak. Langsung deh kita bertiga minder serasa jadi makhluk asing yang salah mendarat. Di tengah kegalauan yang datang mendadak. Ula nelpon Dhila biar akhwatnya nambah gitu, apalagi Dhila suka banget moto-moto dan suka sama pengamatan-pengamatan juga. Akhirnya Dhila nyusul ke sekolah bareng Tyas. Alhamdulillah tambahan personil. Sebelum berangkat, ustad Edi ngasih pendahuluan plus penjelasan tentang gerhana, beliau bilang gerhana yang kayak gitu berlangsung empat kali (Mei+Oktober 2014 dan April+September 2015), dan baru 20 tahun lagi bakal ada gerhana yang sama.

Kita sampe di alun-alun ternyata udah banyak orang, aku nggak nyangka bakal banyak yang ikut liat apalagi sebenernya aku tau kalau hari itu ada gerhana gara-gara diajakin ustad Herdi. Yang ikhwan langsung ngerakit teleskop sekolah bareng ustad dibantu sama mas-mas dari JAC (Jogja Astronomi Club). Yang akhwat? narsis pake kameranya Dhila :p (astaghfirullah) habis kita nggak tau mau ngapain, nggak disuruh bantuin dan nggak punya inisiatif buat bantu.

Pas teleskopnya udah terpasang, eh, nggak tau nya masyarakat uda bikin antrian aja buat liat bulan, karena kita males ngantri soalnya udah kayak ular naga panjangnya bukan kepalang tu antrian, kita duduk di samping teleskop sambil ngeliatin itu bulan pake teropong binokular. Oh ya, aku baru tau kalau ustad Herdi punya teleskop (Omaigatttt aku mupeng :3) Jadi kita bawa dua, satu punya sekolah dan satu nya lagi punya ustad. Waktu gerhana bulan totalnya udah selesai dan lagi proses kembali ke purnama tiba-tiba ada satu rombongan mahasiswa deketin kita terus nanya ini-itu terus nanya boleh nggak minjem teropong binokularnya, yaudah, kita pinjemin aja lagian ustad juga nyuruh kita buat ngajarin orang-orang pake teropong.

Awalnya agak aneh denger rombongan mahasiswa itu ngomong, beberapa saat kemudian baru sadar kalau ternyata mereka tuh orang Malay. Mereka kuliah di UPSI (Universitas Pendidikan Sultan Idris, Malay) yang lagi kunjungan ke Jogja. Ya ampunn >.< nggak nyangka bakal disapa sama warga negara tetangga. Dan Hilma jadi guide mendadak, haha, Hilma ngejelasin tentang gerhana Bulan yang langka (untung udah dikasih tau sama ustad Edi) terus logatnya si Hilma jadi niruin mahasiswa Malay itu, kocak deh. Mahasiswanya ada yang kocak pula dan semuanya cogan sedangkan mahasiswinya jilbaberan dan cantik-cantik. Terus sekolah kita dibilang keren gegara punya klub Astronomi. Dan malam itu, Hilma merasa bangga udah sekolah di SMA IT.

Habis mahasiswanya pergi bukan berarti kita jadi kuker lagi. Karena antrian nya panjang, beberapa orang pada minjem teropong kita yang cuma satu dan kita ngajarin mereka. Jadi tau gimana senengnya bisa berbagi ilmu sama orang banyak. dan Hilma? dia tetep sibuk menjawab pertanyaan dari orang banyak, Dhila juga sibuk jepret sana jepret sini, Tyas ngajarin anak kecil, aku sama Ula yang paling nggak ada kerjaan dibanding mereka bertiga.

Jam setengah 9 kita mulai beberes peralatan kita, siap-siap pulang soalnya Bulan nya juga udah nampak lagi. Dhila kehilangan tas tripod nya (sabar ya dhil :D) semoga sebanding sama pengalaman yang di dapet, aamiin. Kita sampai di sekolah jam 9 lewat dikit, dan ustad Edi nawarin buat traktir kita makan. Kita berlima langsung senyam-senyum nggak jelas saking gembiranya, secara kita belum makan malam dan rencananya emang kita mau cari makan dulu sebelum masuk Asrama. Intinya, kita masuk Asrama udah hampir jam 10 sambil membawa ilmu baru yang berharga #eaaaa

Rencananya ustad Edi mau ngajakin liat gerhana lagi bulan September mendatang, semoga bisa dan semoga sempat. Aamiin
Hilma : "ada cogan eh :3"



Ustad Edi & Ustad Herdi


Fokusin ke benda yang deket dulu baru di arahin ke bulan
Memotong antrian :p




Sedang menuju purnama




Tampilan Bulan pas gerhana nya selesai
Ustad Edi :D

0 komentar