18 di 18

“Kak Nuha, sebelum ditutup, aku mau ngucapin happy birthday ke Shofwa.”


LUMEEEEEEEER:’)


Oke, cerita soal itu ditahan dulu.

Hari ini akhirnya aku 18 tahun juga, yeyeye lalalala, sudah tua, dua tahun sebelum menyentuh kepala dua.



Niat awalnya sih cuma pengen sedikit berkata-kata sebagai  pengganti caption di Instagram soalnya aku udah bertekad nggak mau bikin caption super panjang lagi di Instagram, tapi kayaknya ini bakalan rada panjangan deh, hehe.

Entah efek ulang tahun pertama di bumi Samawa atau efek tanggal cantik (18 tahun di tanggal 18) yang jelas dari kemaren kemaren aku nggak sabar nunggu hari ini datang. Apa ya, excited aja gitu meski untuk alasan yang nggak jelas.

Ah, apa ini semua gara-gara my fitness pal yak.

Karena akhirnya aku bisa registerrrrrr di aplikasi tersebut, yippppie!! Aku tuh udah download aplikasi my fitness pal dari jaman kapan tau tapi nggak bisa register gegara umurnya belum mencukupi, sooo sad. Nggak tau sih itu aplikasinya bakal berguna banget atau malah akan berakhir dengan di uninstall.

Satu hal yang ingin kubiasakan ketika berulang tahun adalah menulis sebuah surat untuk umurku, rada alay tapi bodo amat, kemarin aku baru aja mengunjungi g+ setelah sekian lama itu akun nggak kubuka dan menemukan postingan yang berisi surat untuk 16 dan 17.

Tenang aja, suratnya nggak bakal ku copy paste kesini kok, aku juga nggak bakal nulis surat untuk 18 di sini juga, kasian waktu kalian kalau kudu baca tulisanku yang lebih mirip surat refleksi diri wkwkwk.

Sudah menjadi rahasia umum kalau aku punya daya ingat yang rendah, gara-gara itu bulan ini aku dua kali salah ngucapin selamat ulang tahun ke dua temenku.

Temenku yang pertama, dia ulang tahun tanggal 15, aku ngucapin hepibesdeynya emang tanggal 15 tapi ditambah sama kalimat,”kemarin kayaknya ada yang baru abis nambah umur.” Jadi tuh aku ingetnya dia milad tanggal 14 dan baru kuucapin tanggal 15, kesannya telat ngucapin padahal yo sakjane tanggalnya bener.

Kalau yang pertama terkesan ngucapin telat, yang kedua malah kecepetan, haha, parah. Dia ulang tahun tanggal 17 tapi aku ngucapinnya malah tanggal 16.

Habis kenalanku yang ulang tahunnya bulan Desember tuh banyak banget, malah ada yang dobel gitu dua sampai tiga orang di tanggal yang sama. Pokoknya slogan untuk bulan Desember adalah evridei is my friends birthday.

Entah mau secepat cahaya atau selambat keong berjalan tapi karma pasti berlaku. Masa ada dua orang yang ngucapin pibesdey ke aku tanggal 17.

Waktu baca ucapan dari mereka tuh rasanya agak miris piye ngono (soalnya aku belum ulang tahun) tapi langsung terbalutkan sama rasa terimakasih karena ternyata masih ada yang mau ngucapin pibesdey and make a wish for me:’) jadi merasa disayang, uhuk.

Selain dari dua orang yang salah tanggal itu, aku juga dapet ucapan selamat ulang tahun yang kecepetean, yang ini bukan karena salah tanggal, tapi karena bisa ngucapinnya emang sehari sebelum tanggal delapan belas.

Jadi, setelah sabar menunggu untuk waktu yang lama, akhirnya kelompok Liqo terbentuk juga (ciyeee shofwa sekarang liqo) (naik pangkat dari yang sebelumnya cuma mentoring abal abal), asal kalian tahu, kelompok liqo ku tuh berisi anak anak yang berisiknya masha allah subhanallah walhamdulillah waallahu akbar pisan dan berasal dari berbagai macam prodi : psikologi, bioteknologi, ilmu komunikasi, teknik informatika, teknik sipil, bahkan teknik mesin yang prodinya cuma berisi satu orang cewek.

Jadwal liqo kita adalah malam minggu, ceritanya mau malam minggu liqo gitu deh emanglah saking nggak tau mau ngapain di malam minggu sampe memutuskan buat liqo segala ckckck.

Liqo malam kemarin merupakan liqo kedua kami, di pertemuan pertama kami cuma saling berbagi info umum aja alias berbagi biodata buat ta'aruf, di pertemuan kedua baru deh bahas materi yang (sebenernya) emang umum juga, nah, ada temen liqo aku, namanya bagus Izzatul Qonita tapi dipanggilnya Ijat, dia tiba tiba ngomong,

“Kak Nuha, sebelum ditutup, aku mau ngucapin happy birthday ke Shofwa.”

And I was like

HAAAAAAAAH????!

ASTAGA!

Kaget itu pasti, secara aku belum pernah ngobrol langsung sama dia, tapi kalau tatep tatepan ya udah pernah (eh) (emang penting ya) (wkwk), belum pernah ngobrol terus dia ngucapin pibesdey apa ya nggak bikin terharu, lumer hati ini tjoy.

Langsung deh murabbiku bilang ke semua anggota liqo buat ngasih aku doa,

Semoga dilancarkan segala urusan
Semoga dapat IPK yang memuaskan
Semoga, shof, kamu sukanya yang banyak bulunya atau nggak?  #ambigu
Semoga besok punya banyak anak dan cucu  BARU JUGA 18 TAHUN, WOY! GITU AMAT.
Semoga semua urusan kamu dilancarkan ya
All the best for you deh shof
Semoga kamu baik baik aja
Semoga kamu tambah tinggi   Aamiin, aamiin, AAMIIN!!!
Semoga kamu tambah item ya shooof!  Emang udah tambah item kok.

Dan yang bisa kulakukan hanya natep orang yang mendoakan aku dengan taapan terimakasih (meski aku gayakin mereka bisa menafsirkan tatapanku sebagai tatapan terimakasih sih haha)

Aku bahagia karena merasa tahun ini menerima banyak 💕💕💕.

Aku juga dapet surprise kecil dari salah satu temen kamar. Masa ya, aku baru pulang habis psikotest nih terus aku lupa mau ngapain pokoknya aku buka laci meja.

Terus. . .

Kaget dong.

Kok ada bungkus makanan warna cokelat yang ditempeli sticky note.


Lacinyaa tambah kutarik sampai wujud sticky note-nya keliatan, ternyata ada nama si pengirim di pojok kiri.



AAAAAAAHHHH

Langsung senyum senyum gaje.

Bahagia.

Bahkan kalau dia cuma naruh sebatang permen milkita pun aku udah bahagia as long as she write some note for me.

Terus permennya nggak bakal kumakan dan kusimpan sampai beberapa tahun ke depan.

Nggak tau kenapa aku suka kalau ada yang nulis sesuatu buat aku. Kesannya lebih kuat dan nancep di hati. Lopelope.

Itu kan aku nemu cokelatnya kemarin, terus tadi pagi waktu aku mau buka laci lagi

Eh penghuni lacinya udah nambah satu


Ini kalau tahun depan pada amnesia sama ulang tahunku kayaknya aku nggak bakalan sedih deh.

Tahun ini udah cukup senang.

Hari ini juga Aisyah bikinin aku makan siang spesial,

Sepiring nasi goreeeeeng~~

Waktu dia lagi masak di rice cooker aku pikir dia masak untuk dirinya sendiri soalnya emang kalau weekend gini perihal makan adalah sesuatu yang harus dipertanggung jawabkan sendiri-sendiri, eh nggak taunya dia masakin buat anak kamar hoho dan dia bilang “ini khusus buat shofwa yang lagi ulang tahun,” sambil ngasih sepiring nasi, buatku sendiri, sedangkan anak kamar makannya sepiring bertiga.

Kalau gini caranya, aku boleh nggak ulang tahun tiap hari biar dimasakin terus sama Aisyah.

Sejak beberapa pekan yang lalu, aku mendaulat hari ahad sebagai hari ‘memperbaiki segalanya.’ Jadi bisa dibilang aku mengintrospeksi diri tiap hari ahad (apalagi didukung oleh malam minggu liqo yang berfungsi sebagai tempat mencharger iman). Because the only person I should try to be better than is the person I was yesterday. Bijak kan kalimatnya? Iyalah, modal nyomot dari tumblr orang.

Ketika hari ahad didaulat sebagai hari introspeksi, secara otomatis hari senin menjadi hari pertama yang menemani perubahanku. Emang sih kadang aku yang sekarang dengan aku yang sepekan lalu nggak beda jauh, tapi setidaknya aku udah memikirkan apa aja yang udah kulakukan sepekan terakhir (meski cuma fokus ke beberapa hal doang). Lagi pengen fokus untuk mengencangkan hal hal yang udah jarang kulakukan nih, kayak ibadah sunnah misalnya.

Oke, pembahasan soal itu cukup sampai di sini.

Anyway, aku mau ngucapin makasih ke orang-orang yang udah mendoakan atau mengucapkan pibesdey ke diriku. Yah bisa dibilang ucapan makasih yang disampaikan secara khusus #EAAA #HALAH #SOK

Buat Ula, aku tau kamu ngepost fotoku pas dini hari (aku dapet notif kalau aku di tag sama kamu soalnya) tapi sengaja nggak ku buka karena dari awal aku emang pengen nggak nyalain mobile data dalam kurun beberapa jam di tanggal 18, makasih lho La, aku tau kamu nggak bisa bikin caption yang manis-manis kayak yang kamu bilang, tapi dengan diam-diam naruh cokelat di dalam laciku udah lebih dari cukup kok. Makasih buat cokelatnya🍫🍫 Maaf ya udah nggak bisa nemenin kamu dengan cara punya umur yang angkanya sama #hah #gajelas

Buat Maya, HARUS GITU YA PAKAI FOTO ITU LAGI, KAN AKU UDAH MINTA SUPAYA FOTO ITU DIAPUS DARI JAMAN BAHEULA:((( kadang kamu ngeselin tapi sayang Maya, piye dong. Main-main dong sini ke Sumbawa biar bisa merasakan perjuangan kami untuk tinggal di sini. Oh ya, baju yang kamu kasih belum pernah kupake lhooo, bajunya terlipat rapi tuh di lemari, ntar aku bakal ngirim foto perdana shofwa memakai baju dari kamu, tunggu aja. Di sini nggak ada yang manggil aku kiddo, dan kalaupun ada bakalan nggak kuizinin karena itu nama panggilan buatanmu khusus untuk aku, asique, kok tiba-tiba aku merinding rada geli pas nulis kalimat itu ya, wkwk.

Buat fans beratnya park chanyeol, terimakasih karena udah mau bahagia sama aku🎉🎉🎉. Aku bingung mau nulis apa buat kamu pah, hehe. Pengen nulis banyak cuma beneran bingung mau nulis apaa. Tapi Afifah alias pipah adalah yang terbaik karena rajin ngumpulin drama jadi aku tinggal minta di kamu saja kalau lagi pengen nonton drama, praktis. Udah ya jangan marah sama aku lagi, ntar kalau masih marah ku spam coment di Instagram kamu deh.

Heh Aulia Puspa Ayodya, pertama, PERLU BANGET PAKE FOTO ITU??! Kedua, NGAPAIN NGEPOST FOTO ITU!! ketiga, captionmu bagus aku love deh sama captionnya. Ngomong-ngomong, maaf udah salah ngingat tanggal ulang tahun kamu. Sebagai gantinya, aku doain kamu mendapatkan cowok seperti Dirga, atau Ares, agak bangs@ tapi termaafkan.

Orang terakhir yang ngucapin aku pake caption Instagram tu Dini, makasih banyak lhoo. Padahal aku udah ngeposting tulisanku tapi karena dia ngupload foto jadinya kuedit deh biar bisa mengucapkan terimakasih ke Dini. Aku kenal Dini sebelum aku sampai Sumbawa berkat Nastiti. Karena Dini itu temen SMPnya Nastiti, eh ini aku kayak bikin paragraft desc beneran.

Selain di Instagram, ada juga yang ngucapin aku lewat personal and group chatt.

Auntieee qeaaaaak, huhu, maafin daku yang kecepatan ngasih ucapan met milad. Tapi aku langsung dapet karma kok jadinya aku tau gimana perasaanmu saat aku ngespamm chatt ngucapin met milad di tanggal yang salah. Doa-doa mu bikin aku terharu qi, jadi inget kemarin aku nggak ngasih wish apa-apa, kutulis di sini aja ya biar di-aamiin-kan sama banyak orang. Semoga kami bahagia selaluuu, ciye udah 19 taun, cepet banget waktu berjalan, semangat buat hafalannya!! Semoga tahun depan bisa dapet status mahasiswi di kampus dan fakultas impian ya.



Vani, aku gak tau motivasi kamu buat ngucapin aku di tanggal 17 jam 23.00 WITA tuh apa. Udah jarang muncul sekalinya muncul langsung ngirim banyak foto📷📷 kapan kita video call? Udah 7 tahun nggak ketemu, masa vc-an aja ndak bisa I love your hand writing btw. Makasih banyak untuk doodle-nya, iri sama orang yang tulisannya bagus T.T

Resa Aydwi, suara kamuuuuuuuuu, rasanya pengen ngakak tau nggak sih tapi bagus-bagus lucu bikin terharu. Gapaham lagi deh. Teman sepleton anak biotek berkacamata dari tempat yang banyak gajahnya, Lampung. Dulu aku manggilnya Echa gara-gara menghindari pelafalan 'r' tapi makin kesini malah anggilnya Rece' (bukan recek tapi rece') karena temen-temen SMA manggil dia gitu. Orangnya baik bener, gapaham lagi deh (2). Ini kok malah kayak ngasih desc buat dia sih. Dan dia adalah orang yang berjasa karena berkat dia, aku bisa ngupload foto di Instagram hari inni~

My love, meski kalian sempet salah tanggal tapi terimakasih atas ucapannya. Terimakasih buat Jihan yang ngupdate stories pakai foto lama, eh, jangan-jangan itu the one and only foto kita berdua?😂 tapi waktu foto itu dibuat kita belum terlalu deket kan wkwk, mukhoyyam quran pertama dan aku lagi bosen denger pematerinya ngomong jadinya aku ngeglosor/?/ di lantai biar bisa tidur. Untuk Laras, suaramu bisa jadi moodboster banget, apalagi ketawamu, nggak tau kenapa kadang bikin nagih, makasih ya atas doa doa kamu. Dan for my another wa, aku beneran kangen nonton drama bareng kamu lho, reaksimu ngangenin. Makasih buat Salwa, satu-satunya anak kamar yang mengingat tanggal ulang tahunku dengan benar.

Buat yang cowok, maaf yak aku nggak bisa nyebut nama kalian di sini🙏🙏🙏 makasih aja pokoknya mah, makasih yang udah ngirim chatt jam 00.02, angkanya bagus, haha. Makasih juga buat yang udah mendoakan aku~

Aku tau aku banyak mengucapkan terimakasih di postingan ini, mungkin kalian bosen tapi ya ini kan aku yang nulis, suka-suka aku kan? ehe. Aku hari ini seneng banget, ini aja udah seminim mungkin nulis kata makasih tapi emang aku bersyukur jadinya nggak bosen-bosen.

lots of love
shofwamn yang akhirnya berusia delapan belas tahun.


0 komentar